Close

Memahami Bagaimana Sistem VAR dalam Sepak Bola Bekerja

Video Assistant Refereeing (VAR) Room - 2018 FIFA World Cup Russia

MOSCOW, RUSSIA - JUNE 21: Video Assistant Refereeing (VAR) Room at the Internatinal Broadcasting Centre on June 21, 2018 in Moscow, Russia. (Photo by Joosep Martinson - FIFA/FIFA via Getty Images)

Sistem Video Assistant Referee (VAR) telah menjadi elemen penting dalam mengambil keputusan yang lebih akurat dalam pertandingan sepak bola. Bagaimana sistem VAR bekerja dan perangkat serta sistem yang terlibat dalam proses tersebut.

Bagaimana VAR Bekerja?

VAR melibatkan tim Video Match Officials (VMO) yang bertugas meninjau rekaman pertandingan dari berbagai sudut dan berkomunikasi secara langsung dengan wasit di lapangan melalui earpiece dan monitor yang terletak di sisi lapangan. Prosesnya dapat diaktifkan oleh wasit di lapangan, VMO, atau VAR Hub di International Football Association Board (IFAB).

Perangkat dan Sistem yang Diperlukan?

Sistem VAR memerlukan berbagai perangkat dan sistem untuk beroperasi secara efektif:

Kamera Resolusi Tinggi

Stadion dilengkapi dengan kamera resolusi tinggi yang ditempatkan secara strategis untuk menangkap beberapa sudut dan pandangan pertandingan. Kamera-kamera ini digunakan untuk merekam situasi-situasi penting seperti gol, pelanggaran dalam kotak penalti, kartu merah langsung, dan situasi offside.

Video Operations Room (VOR)

Di dalam VOR, tim VMO dapat menonton rekaman pertandingan dari berbagai sudut pandang. Mereka menggunakan monitor yang besar untuk memeriksa situasi yang memerlukan peninjauan lebih lanjut.

Sistem Komunikasi

Tim VMO dilengkapi dengan sistem komunikasi yang memungkinkan mereka berbicara secara langsung dengan wasit yang berada di lapangan. Mereka dapat memberitahu wasit tentang kesalahan potensial dan memberikan saran dalam pengambilan keputusan.

Monitor di Sisi Lapangan

Ada juga monitor yang terletak di sisi lapangan yang digunakan oleh wasit untuk meninjau rekaman dan membuat keputusan akhir. Wasit dapat memeriksa situasi secara langsung melalui monitor ini.

Sistem Video Assistant Referee telah membantu mengurangi ketidakpastian dan meningkatkan akurasi dalam permainan sepak bola. Dengan melibatkan tim VMO yang memiliki akses ke rekaman pertandingan dari berbagai sudut, VAR telah membantu wasit membuat keputusan yang lebih akurat dalam situasi-situasi krusial.

Meskipun masih ada kontroversi seputar penggunaan VAR, tidak dapat dipungkiri bahwa teknologi ini telah memberikan kontribusi positif dalam memastikan keadilan dalam permainan sepak bola modern.

scroll to top